Written By mega komang on Wednesday, May 20, 2015 | 1:19 AM

Bagi anda yang memiliki tumit kaki yang kasar dan bersisik memang sangat menjengkelkan dan tidak pede memakai sandal jepit .Ada beberapa cara yang bisa  dilakukan untuk mengatasi tumit kaki bersisik (kasar) , Diantaranya adalah dengan cara menggunakan krim pelembab dan serum (khusus wajah). Kondisi kulit kering yang lebih jauh disebut dengan iktiosis, atau kulit bersisik. Kondisi ini diakibatkan oleh hilangnya kelembaban pada lapisan kulit epidermis sehingga kulit menjadi kurang elastis. Kulit kering pada setiap bagian tubuh dapat mengganggu dan menyebabkan pengelupasan, kemerahan karena menggaruk, dan tentu tidak sedap dipandang karena kulit terlihat tebal / keras , jangan pernah menggosok kaki yang kasar memakai suatu benda atau membawa ke salon dan di gosok memakai alat pedicure kulit kaki akan kelihatan tipis , itu tidak bisa menghilangkan kulit kasar . Lebih baik anda memakai pelembab meskipun bertahap tapi pasti sembuh .
Ketika kulit kering terjadi pada kaki, Itu sebagian besar di sebabkan oleh sepatu , karena terlalu sering dan lama anda memakai sepatu, peregangan kulit pada kaki setiap kali kita melangkah, dan dengan bahan sintetis tertentu dalam kaus kaki /sepatu kulit yang dapat memicu kulit menjadi kering. Karena sifat inilah, oleh karena itu kaki kering membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah rasa sakit seperti tumit pecah-pecah , bisa juga di sebaabkan oleh keturunan , mungkin salah satu keluarga anda mengalami kulit pecah pecah .











Penyebab kulit kering dan tumit pecah-pecah  di antaranya ;

A.Suhu atau cuaca yang terkadang terlalu panas atau dingin
B.Terlalu sering mandi menggunakan air panas atau berenang di kolam diklorinasi berat
C.Kelenjar keringat yang aktif, biasanya disebabkan oleh gen yang diwarisi
D.Berat badan yang berlebihan
E.Masalah kulit kronis seperti eksim dan psoriasis
F.Penyakit kronis tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.

Beberapa obat  seperti diuretik dan antihistamin juga dapat memiliki efek pengeringan.
Cacat kaki menyebabkan kelainan dalam cara kita berjalan, yang menyebabkan daerah-daerah tertentu dari kaki untuk menanggung jumlah abnormal berat badan.Berat badan yang abnormal ini tidak hanya menghancurkan kelenjar keringat di daerah-daerah, tapi menghasilkan daerah kulit yang tebal, keras, dan kering.

Ada beberapa tips cara menghilangkan tumit pecah-pecah atau kulit kering misalnya sebagai berikut ;

 Cara yang utama untuk mengatasi kulit kering yaitu melembabkan kulit. Pastikan setelah mandi Anda mengoleskan  pelembab pada kulit yang kelihatan kering. dan ada juga yang bisa di gunakan bagi yang memiliki tumit kaki pecah pecah atau kasar yaitu krim khusus untuk kaki pecah pecah .
Tambahkan sedikit minyak pada tubuh atau dalam bak mandi Anda. Minyak dapat memberi efek pelembab pada kulit dan mengunci agar kulit tetap lembab dalam jangka waktu yang lama.
Jangan memakai sepatu terlalu kasar pakailah sepatu yang empuk dan nyaman untuk melindungi kaki Anda setiap saat atau di saat beraktifitas .
Hindari kaus kaki berbahan nilon dan rayon, karena bahan tersebut dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.
Setiap malam sebelum tidur, rendam kaki Anda dalam campuran minyak mineral dan air hangat. Rendam selama 10 menit. Setelah direndam, pijat kaki secara perlahan hingga
Kenakan sepatu yang tertutup. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah tumit pecah-pecah dan kaki kering. Memakai sepatu yang tertutup menjaga kaki tetap bersih dan lembap.
Bersihkan kaki. Untuk mencegah tumit pecah-pecah, Anda harus menjaga kaki tetap bersih. Saat mandi, gosok kaki untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Bersihkan kaki dengan menggunakan air hangat.
Pisang. Haluskan satu buah pisang matang dan oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya sekali setiap hari sampai kaki Anda menjadi lembut dan sembuh sepenuhnya.
Lemon. Rendam kaki dalam larutan lemon dan air selama 15 menit. Gosok dan kemudian bilas. Oleskan pelembap pada tumit untuk mencegah kulit pecah-pecah.
Gliserin. Campur gliserin dalam setengah ember air dan kemudian rendam kaki selama 10 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Oleskan lotion untuk melembutkan kaki dan menjaganya tetap lembab.
Pepaya. Pijat kaki Anda yang kering dengan bubur pepaya (pepaya matang yang sudah dihaluskan). Ini mencegah kulit retak-retak dan juga membuat kulit lembut.
Susu dan madu. Campur susu dengan madu. Rendam kaki di dalamnya selama 15-20 menit. Gosok dan kemudian bilas dengan air hangat. Ini adalah salah satu cara alami untuk mencegah tumit pecah-pecah. Lakukan ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.
Labu Siam – Potong menjadi dua bagian atau beberapa hingga labu siam tersebut mengeluarkan getah putih. Kemudian anda tinggal mengoleskan getah tadi pada tumit kaki yang sebelumnya sudah anda bersihkan. Tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk lembut.
Alpukat – Alpukat sangat banyak mengandung vitamin E yang terkenal sangat baik untuk perawatan kulit. Cukup menggunakan daging buahnya yang sudah haluskan dan dijadikan scrub. Kemudian gosokkan pada tumit anda yang kering sambil dilakukan pemijatan secara perlahan. Tunggu kurang lebih 20 menit lalu bersihkan menggunakan air hingga bersih. Cara mengatasi tumit pecah-pecah ini sangat baik untuk dilakukan setiap hari agar anda mendapatkan hasil maksimal. Atau anda dapat mencampurkannya dengan pisang ketika membuat scrubnya. Cara penggunaannya masih sama seperti diatas.
Minyak Sayur – minyak sayur yang dimaksud adalah minyak minyak kelapa, wijen atau minyak zaitun. Gosok tumit dan kaki anda dengan menggunakan batu apung kemudian bilas. Oleskan minyak sayur tadi pada tumit yang kering kemudian pakai kaos kaki yang bersih. Perawatan ini sangat baik dilakukan pada malam hari sebelum anda tidur.
Garam dan Kelapa Parut – Parut kelapa hingga teksturnya menjadi agak kasar kemudian campurkan satu sendok teh garam kedalamnya. Aduk rata, lalu cukup dengan mengosokan campuran tadi pada tumit kering anda yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian bersihkan menggunakan air dingin. Cara mengatasi tumit pecah-pecah yang satu ini cukup dilakukan tiga kali dalam satu minggu pada malam hari.

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara alami menghilangkan tumit pecah pecah . Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari TIPS SEHAT DAN BUGAR
feedburner

1 Komentar untuk "Cara alami menghilangkan tumit pecah pecah "

TIPS SEHAT DAN BUGAR © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger