Written By mega komang on Saturday, May 23, 2015 | 7:05 AM

Gatal pada vagina menyebabkan terasa risih dan bila di garuk jadi tidak enak di lihat orang ,Miss.V  mengeluarkan lendir berwarna putih dan berbau tidak sedap ? Hati-hati untuk para wanita  jika hal tersebut terjadi pada anda. Jangan-jangan Miss.V anda bermasalah karena Miss.V sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Pola hidup yang tidak sehat menyebabkan bakteri atau kuman mudah menyerang Miss.V anda, perubahan aktivitas dan stress akan menyebabkan Miss.V anda mengalami Fluor Albus . Fluor Albus atau lebih dikenal dengan keputihan merupakan infeksi dan disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan disekitar vagina bagian luar, kemudian disertai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu .Keputihan ini di bedakan menjadi 2 bagian ada yang berwarna putih encer dan tidak berbau , dan ada juga keputihan berlendir kental warna kuning dan bau tak sedap .






Penyebab keputihan biasanya dikarenakan jamur , bakteri, virus dan parasit yang jarang anda perhatikan di saat mandi. Meskipun keputihan memiliki banyak jenisnya,akan tetapi hal itu sangat berbahaya apalagi kuman menyerang serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal untuk anda mengatasi keputihan misalnya sebagai berikut :

1. Gunakan Pembalut yang tepat
Pembalut adalahTeman akrab bagi wanita ketika sedang menstruasi.,Tidak dapat dihindari lagi pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk wanita yang sedang menstruasi agar mampu menyerap darah supaya tidak meleleh kemana mana. Tapi taukah anda ,? Salah memilih pembalut justru membuat anda mengalami keputihan . Pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan elastis yang mengandung kandungan herbal . Dan yang terpenting gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari , Jangan sampai terjadi iritasi pada vagina anda .

2. Usahakan menjaga kelembapan Miss.V
Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembaban Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5 . Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan . Jangan menggunakan celana dalam keadaan basah karena itu bisa menyebabkan gejala awal dari keputihan dan bakteri mudah masuk . Untuk menjaga kelembaban Miss.V maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi.

3. Bersihkan Miss.V dengan tepat dan benar 
Selain kelembaban yang terpenting adalah menjaga kebersihan Miss.V yaitu dengan cara yang benar  dan ketika membersihkan vagina biasakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) hal ini untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke vagina ,.

4. Dengan cara cebokan memakai  Daun Sirih
Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan antioksidan dan anti jamur.Sejak dari zaman dulu memang daun sirih di percaya untuk mengatasi gatal akibat kuman atau bakteri, Maka tak heran nenek moyang terdahulu menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. caranya pun sangatlah mudah yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci dan merebusnya, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadi dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan tanpa menggunakan sabun atau yang lainnya .

5.  Konsumsi bawang putih juga penting untuk kesehatan tubuh 
Selain untuk bumbu dapur bawang putih juga  Saat ini sangat dikenal bahan penyedap akan tetapi mempunyai khasiat kesehatan . Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan meraka untuk menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), dan virus. Seseorang Penelitian menunjukan bahwa bawang putih memiliki kekuatan antibakteri. Meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

6. Hindari stress , olahraga teratur dan pola makan seimbang
Menghindari diri dari stress dan melakukan olahraga seimbang merupakan solusi tepat untuk anda. Lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur . Komsumsi pula makanan yang sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan di dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida .


keputihan fisiologis pada wanita biasanya terjadi saat masa subur dan menstruasi. Ciri-cirinya,keluar cairan yang encer, berwarna krem atau bening, serta tidak berbau dan jumlahnya pun sedikit. Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang normal pada setiap wanita.

Sementara keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal. Cirinya cairan bersifat kental, bewarna putih seperti susu, terkadang bewarna mirip keju bahkan bewarna kuning berbau yang tak sedap, menimbulkan rasa gatal, menyisakan bercak-bercak pada celana dalam, dan cairan yang dikeluarkan sangat banyak.




Gejala suatu penyakit keputihan bisa di sebabkan oleh :
*Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, di saat buang air kecil maupun buang air besar
*Sering menggunakan WC Umum yg kebersihannya tidak di jaga
*Membilas vagina dari arah yang salah. Yaitu dari ke arah anus ke arah depan vagina
Kurang menjaga kebersihan vagina
*Melalui pikiran yaitu stress bisa juga menyebabkan kesehatan kita terganggu 
*Memakai sembarang sabun untuk membasuh vagina , Dan menggunakan celana dalam keadaan masih basah .
*Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex , Bisa juga di sebabkan terlalu sering mengggaruk vagina.
*Ketidak seimbangan hormon , atau celana di pakai bergantian .
*Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina.Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis

Keputihan yang sifatnya patologis harus diobati karena sangat mengganggu dan lama kelamaan bisa menyebabkan timbulnya kanker serviks. Berikut ini adalah cara mengobati keputihan dengan bahan-bahan alami, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Kunyit

Sediakan 20 gram kunyit yang dipotong-potong dan dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram kulit delima kering. Kemudian bahan-bahan direbus dengan 800 cc air, dan sisakan hanya 300 cc air rebusan. Saring dan konsumsi 2 kali sehari, Anda bisa menambahkan gula aren atau madu untuk menghilangkan rasa pahit , pastikan meminum rutin dan yakin pasti sembuh .



2.Kulit Pohon Ara dan Pohon Beringin

Digunakan sebagai semprotan untuk saluran vagina yang terbuat dari rebusan kulit beringin dan pohon ara yang efektif dalam mengobati keputihan. Satu sendok makan masing-masing serbuk kulit kedua pohon harus direbus dalam satu liter air sampai berkurang setengahnya. Semprotkan atau bercikkan dengan rebusan air hangat akan menjaga saluran vagina tetap sehat.


3.Daun Sirih

Daun sirih dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan bau saat keputihan. Caranya, rebus daun sirih selama satu jam dalam air panas, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk membersihkan daerah vagina. Lakukan setiap hari, pagi, dan sore hari. sampai rasa gatal menghilang dengan sendirinya .

4.Tea Tree Oil

Tea tree oil ( melaleuca alternifolia ) adalah pengobatan yang sudah digunakan bertahun-tahun silam. UMMC menyarankan penggunaan tea tree oil untuk mengatasi bakteri, yaitu setiap malam selama tujuh hari. Bahan ini bisa dengan mudah anda temukan di apotik terdekat.

5.Biji Buah Mangga

Selain bisa dimakan, biji buah mangga ternyata sangat ampuh untuk mengobati keputihan. Keringkan dan giling biji mangga untuk dibuat bubuk. Tambahkan sedikit air bubuk ini untuk membuat pasta halus, oleskan pasta ini di luar dan di dalam saluran vagina untuk mengobati keputihan .



Nah demikian  beberapa tips saya ketahui obat tradisional yang berkhasiat untuk mengobati keputihan. Jangan lupa konsumsi juga obat herbal yang mampu mengobati penyakit keputihan dengan alami dan mujarab , semoga bermanfaat untuk para wanita yang memiliki masalah penyakit keputihan .

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Mengatasi Keputihan Secara Alami Tanpa Efek Samping . Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari TIPS SEHAT DAN BUGAR
feedburner

2 Komentar untuk "Mengatasi Keputihan Secara Alami Tanpa Efek Samping "

TIPS SEHAT DAN BUGAR © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger